Pengaruh Pelayanan Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar
Maen (Manajemen Ekonomi) publishes empirical reports and theoretical reviews spanning the spectrum of organizational studies, including process, structure, technology, identity, capability, form, performance, behavior, consumer, digital marketing, buying, selling, and behavior. The articles also cover fundamental research from various disciplines, such as organizational behavior and theory, strategic management, organizational psychology, marketing, marketing activities, products, and information management.
PDF

Keywords

Pelayanan Perangkat Desa
Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan perangkat desa terhadap kepuasan masyarakat. Analisis dalam penelitian ini menggunakan variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat dan variabel independen yaitu pelayanan perangkat desa. Sampel penelitian adalah masyarakat Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang melakukan pelayanan. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Jumlah sampel 100 orang. Hasil penelitian variabel pelayanan perangkat desa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Diketahui nilai t(hitung) (9,475) > t(tabel) (1,984) dan Sig. (0,00) < 0,05, artinya variabel pelayanan perangkat desa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

            Nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,706. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel pelayanan perangkat desa secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 70,6% terhadap variabel kepuasan masyarakat. Sedangkan sisanya sebesar 29,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

PDF