Pengaruh Pelayanan Dan Komunikasi  Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rs Prima Pekanbaru
Maen (Manajemen Ekonomi) publishes empirical reports and theoretical reviews spanning the spectrum of organizational studies, including process, structure, technology, identity, capability, form, performance, behavior, consumer, digital marketing, buying, selling, and behavior. The articles also cover fundamental research from various disciplines, such as organizational behavior and theory, strategic management, organizational psychology, marketing, marketing activities, products, and information management.
PDF (Inggris)

Kata Kunci

Pelayanan
Komunikasi
Kepuasan Pasien

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan komunikasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan dirumah sakit peima pekanbaru.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan rumah sakit prima pekanbaru yang berjumlah 100 orang. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pelayanan,komunikasi dan kepuasan pasien.Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunkan uji validitas ,uji reliabilitas,uji normalitas,uji t,uji f dan uji R2.Pengujian tersebut dilakukan guna mengetahui hubungan antara variabel bebas (independen variabel) dengan variabel terikat ( dependent variabel).

Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelayanan dan komunikasi secara serentak berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai korelasi R=  0,384 yang menunjukan adanya hubungan yang erat antara pelayanan dan komunikasi dengan kepuasan pasien rawat jalan dirumah sakit prima.Sedangkan Adjusted R square didapat 0.130 yang berarti pelayanan dan komunikasi memiliki kontribusi sumbangan sebesar sebesar 13%  terhadap kepuasan pasien rawat jalan dirumah sakit prima pekanbaru.Secara simultan variabel pelayanan dan komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan dirumah sakit prima pekanbaru dengan nilai F hitung 8,401 > 3,94.Secara parsial diperoleh variabel pelayanan berpengeruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan dirumah sakit prima pekanbaru dengan nilai t hitung 2,423 > t tabel 1,985 dan variabel komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan dirumah sakit prima pekanbaru dengan nilai t hitung 2,158 < t tabel 1,985 persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y = 8,456 + 0,117 X1 + 0,154 X2.

PDF (Inggris)