Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pad Rumah Makan Rambutan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan variabel independent kualitas pelayanan dan harga sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang makan di rumah makan rambutan. Sampel dilakukan dengan Teknik nonprobability sampling – sampling aksidental yakni Teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas. Pengmpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung kepada pelanggan yang makan di Rumah Makan Rambutan sebanyak 97 kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan data kuantitatif yang dianalisis dengan statistik menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara persial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung sebesar 4,089 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,984 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Harga secara persial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung sebesar 3,500 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,984 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Rambutan dengan nilai F-hitung sebesar 27,049 sedangkan F-tabel sebesar 3,09 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan dari hasil uji koefisien determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,357 atau 35,7% hal ini berarti 35,7% dari variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel kepuasan pelanggan dan harga, sedangkan sisanya 64,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti