Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan doclean laundry di kota pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Doclean Laundry Pekanbaru yang berjumlah 246 orang dan sampel sebanyak 71 responden dengan menggunakan teknik Sampling Insidental. Analisis data dalam kepenelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear sederhana dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS versi 16.0. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Doclean Laundry di kota Pekanbaru berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,328. Hal ini berarti variabel kepuasan pelanggan (Y) dipengaruhi variable kualitas pelayanan (X) sebesar 32,8% , sedangkan sisanya sebesar 67,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Variabel kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan koefisien regresi 0,649 menunjukan bahwa apabila kualitas pelayanan meningkat sebesar 1 satuan maka variabel kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0,649, hal ini berarti semakin tinggi kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi kepuasan pelanggan. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai thitung (5,802) > ttabel (1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.