PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. DIVA PEKANBARU
PDF

Keywords

Kualitas Pelayanan,
Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Diva Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Diva Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah pelanggan 95 orang. Analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana dengan menggunakan Uji Validitas  ,Uji Reliabilitas ,Uji Normalitas , Uji R2 , Uji t. Pengujian tersebut dilakukan guna mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT . Diva Pekanbaru berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,584. Hal ini berarti variabel kepuasan pelanggan (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan (X) Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 34,1% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 65,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misal : promosi, harga, dll. Koefisien variabel kualitas pelayanan  0,435. Berarti jika variabel kualitas pelayanan di naikkan 1 satuan, maka kepuasan pelanggan pada PT. Diva Pekanbaru akan naik sebesar 0,435 satuan Koefisien variabel kualitas pelayanan bertanda positif berarti semakin baik kualitas yang diberikan  pihak PT. Diva Pekanbaru maka kepuasan pelanggan pada PT. Diva Pekanbaru juga akan ikut meningkat. , hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (6,935) > ttabel (1,661) dengan sig 0,000 < probabilitas 0,05 yang berarti hal ini Ho ditolak Ha diterima, , sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Diva Pekanbaru.

PDF